BEM=BPM

Legislatif adalah lembaga pemerintahan yang bertugas untuk membuat aturan atau hukum. Dalam sistem parlemen, legislatif merupakan lembaga tertinggi dan menunjuk eksekutif. Dalam sistem presidensial, legislatif mempunyai kedudukan yang sama dengan eksekutif. Itu artinya, lembaga eksekutif harus bekerja sama dengan lembaga legislatif dalam memimpin pemerintahan. Tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.  

Kelembagaan tidak hanya terdapat dalam pemerintahan sebuah negara, provinsi, kota, maupun kabupaten. Kemahasiswaan juga memiliki kelembagaan. Struktur kelembagaan mahasiswa juga sama dengan kelembagaan negara, yang terdiri atas lembaga eksekutif dan lembaga legislatif.

Lembaga eksekutif mahasiswa lebih dikenal dengan nama BEM, alias Badan Eksekutif Mahasiswa. Sedangkan lembaga legislatifnya dikenal dengan nama BPM, alias Badan Perwakilan Mahasiswa. Dalam pemberian nama lembaga legislatif, tidak sama di setiap universitas. Misalnya di Universitas Padjadjaran namanya BPM, sementara di Universitas Indonesia namanya DPM.  

BEM dan BPM memiliki kedudukan yang sama dan tidak bisa terpisahkan. Tanpa adanya BPM sebagai badan legislatif, maka BEM sebagai badan eksekutif kinerjanya tidak akan terkontrol dan bekerja begitu saja. Bila BEM salah, maka tidak ada yang mengingatkan. Ya, karena fungsi pokok BPM sebagai badan legislatif mahasiswa adalah mengawasi kinerja BEM sebagai badan eksekutif mahasiswa.

Saat ini, BEM selalu lebih eksis dibandingkan dengan BPM. Terbukti, ketika di SMA dulu yang saya ketahui dari organisasi mahasiswa adalah BEM, dan saya percaya siswa-siswa SMA pun kalau ditanya jawabannya juga pasti begitu. Selain itu, kedudukan BEM seolah lebih tinggi daripada kedudukan BPM. Hal ini disebabkan oleh kerja BPM yang berada dibalik layar, belum banyak dimengerti oleh mahasiswa.

Legislatif mahasiswa eksis atau tidak, tetap harus menjalankan tugasnya sebagai pengawas eksekutif mahasiswa. Amanah yang diemban oleh keduanya sama beratnya. Hidup mahasiswa! Viva Legislativa!

Oleh: Rahmatika Choiria, mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran

25 besar essay “Wajah Legislatif Mahasiswa Indonesia” yang diadakan oleh DPM UI

 

 

 

One thought on “BEM=BPM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s