Ambivalensi~

Haloo.. This is my first post in 2016. Biasanya saya cuma ngeblog pas di akhir-akhir tahun aja (berasa wajib banget bikin refleksi yang ditulis di blog soalnya HAHA). Berasa beberapa hari ini saya kosong banget -soalnya sebulan ke belakang tiap hari saya bolak balik Bandung untuk les dan juga (hampir) tiap malam selalu ada temen untuk cerita apapun itu-. Lalu tetiba randomly pengen ngeblog. Jadi awal tahun ini udah ngapain aja ri? Duh! Sebenernya belum banyak berkarya, banyak membuat kesal orang lain iya.

Lalu writer block. Efek introvert. Awalnya mau cerita, ujungnya ga jadi aja *dikeplak pembaca* #soksokanpunyapembaca. Yaudah ga jadi cerita perihal masalah-masalah yang saya hadapi di kampus -yang semoga dapat mendewasakan saya- selama tiga bulan pertama ini. Soalnya, masalahnya juga ga penting. Cuma masalah administrasi, yang ujungnya bikin dimarahin dosen. Yeah, administrasi kampus saya memang ribet. -kampus disini means Fakultas-

Saya mereview ulang target-target di 2015 untuk 2016. Berulangkali saya bikin timeline, tapi dunno it’s not work for me. Jadi, yaudah let it flow aja. Yang penting ga terlalu nyantai dan tetep ada progress. Di tiga bulan ini, saya nemuin itu. HAHAHA. Tapi, tiap orang beda-beda sih, ada yang bisa hidup dengan timeline dan timelinenya bisa berjalan, dan ada yang tidak seperti aku. Tapi, aku berharap besar (tentunya dengan bantuan Allah) timeline penelitian aku dapet berjalan *dikeplak dosen kalau ga berjalan*.

Tahun ini, ada semacam ambivalensi (?) gitu. Ambivalensi itu perasaan yang berlawanan di waktu yang bersamaan. Cem senang dan sedih di waktu yang sama gitu. Diantara kepengen cepetan lulus (insyaAllah Juli 2016, Aamiin), dan ketakutan akan pasca campus. Awalnya sih -di timeline yang tak berjalan itu- mau langsung ambil master tahun ini. Tapi karena molor -walau akhirnya tercapai-, sepertinya itu harus pending di tahun 2017. Tapi, so far sih masih defense. Dan entah mungkin nanti juga mau nyoba apply tahun ini.

Sebenernya di tahun ini -entah dapet bisikan darimana- kepikiran untuk menggenapkan yang masih ganjil. Ya mungkin ini sebagian dari rencana-Nya, karena hal di atas tadi, mungkin memang Allah tak memperkenankannya tahun ini, karena ada hal besar yang harus kulakukan, ya itu tadi. So far, sih ya  kata youtubenya Ukhty Sally mah jomblo istiqamah -masih istiqamah kok insya Allah-.

Kepikiran sih kerja tahun ini, ya daripada nganggur-nganggur banget kalau emang pending, tapi juga belum tahu kerja dimana. Yang jelas mah, rencananya tahun ini ya siap-siap untuk tahun depan. Nyiapin IELTS -dimana ga instant gitu aja, rencananya sih pengen pindah kursus ke lembaga bahasa di ITB *saya lupa namanya*, itu waktunya tiga bulan-. Daftar beasiswa sejuta ummat manusia Indonesia pasca lulus nanti -karena syaratnya harus lulus dulu-, ini juga proses seleksinya ga instant, harus nyiapin waktu enam bulan dari jarak waktu kuliah.

Oya, tadi abis ikut seminar study lanjut dari BEM KEMA FAPET UNPAD, katanya ada tiga opsi kegiatan pasca campus -selain menikah-. 1. take a higher education. 2. find a job. 3. start a business. nah, tapi saya cenderung ga punya gambaran untuk terjun ke dunia bisnis apalagi kepikiran jadi pengusaha -walau entah nanti pada akhirnya saya akan menjadi apa, I don’t know, now-. Untuk dunia kerja juga ga banyak punya rencana. Tapi untuk rencana pertama, insya Allah so far udah cukup mateng.

Jadi, ini ngomongin apa postnya? kok random.. Awalnya mau cerita tentang kesulitan-kesulitan itu tadi, tapi ga jadi. Mending cerita tentang harapan dan cita-cita. Seperti kata teteh pembicara tadi “ya masa mau upload foto saat lagi nangis, pasti yang lagi seneng dan bahagia dong yang di upload”.

Sekian, post random tengah malam ini. Selamat hari bumi *eh udah lewat 2 jam 44 menit deng*. Sampai ketemu di post berikutnya -semoga yang saya tulis ini sudah tercapai- pas saya pengen ngeblog lagi. Aamiin…

Leave a Reply

