sekelumit tentang ….

Assalamu’alaikum…

jadi ini post kedua di 2017. *harus banget diitungin* sebenernya ga ada yang mau diceritain tapi random aja pengen nulis di blog. sekaligus sebagai pengingat kepada aku yang nanti udah menua, bahwa aku pernah serandom ini. wkwk.

hmm.. mau nulis apa yaa.. bingung juga… kalo cuma nulis segini sama aja kayak ngetweet. -_- oke, mau cerita tentang penelitian aja. belum pernah kuceritain kan? udaaaahhh!!! itu kan cerita penelitian s1, bukan s2. penelitiannya juga belum mulai sih.. tapi gapapa, pengen cerita aja. sekaligus throwback.. eaa..

jadi sekitar akhir Februari (seingetku sih gitu), aku nemuin salah satu dosen pemuliaan. awalnya galau karena ada dua dosen molekuler (rencana penelitianku di bidang ini), tapi kemudian pas chat sama mbak bilang aku lagi mau ketemu ama dosen, mbak langsung nebak dosennya dan bener, ternyata pernah kerja bareng dulu ama mbak, jadi makin mantep.

awalnya saya bilang mau penelitian keragaman genetik sapi Brangus menggunakan mikrosatelit (sesuai dengan rencana penelitian yang kutulis sebagai salah satu syarat s2 (baca post sebelumnya)). kemudian sama dosen ditantang bagaimana kalau ke daging? aku ditantang? challenge accepted lah. pas aku ngobrol ke dosen ini, aku masih sama sekali belum ngerti molekuler. wkwk. akhirnya memutuskan penelitian daging, yang Alhamdulillah sudah diseminarkan sebulan lalu. lalu aku ditantang lagi, ditawarin buat ikut hibah dari pasca ugm. pas itu waktunya beneran mepet cuma satu-dua minggu sebelum deadline dan kubaca syaratnya ribet. jadi tak kutanggapi. tak lama setelah itu ada hibah pasca fapet ugm. aku ditantang kembali oleh dosbingku. baiklah kali ini kutanggapi. deadline banget juga sih. sampai sampai aku ga tidur 2-3 hari berturut-turut. ga makan seharian. badan rasanya udah ga karuan. kuliah wajib ada yang terskip juga buat ngerjain proposalnya. mana pas deadlinenya dosen pergi keluar kota, jadi bimbingan online via wa dan itu belum acc. terakhir ngumpulin jam 16.00 dan proposalku baru acc itu jam 1 atau 2-an. namun hibah itu belum menjadi rezekiku. mungkin aku malah keteteran kalo beneran harus ngerjain penelitian itu. Allah memang Maha Tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya.

kemudian baru mulai bimbingan beneran lagi itu setelah Idul Fitri sampe dapet jadwal seminar Oktober. Aslinya saya dapet November tapi ada temen yang harusnya seminar hasil di hari tsb minta tuker karena belum siap. Seminar proposal dibantai habis sih sama dosen penguji, secara saya ga gitu ngerti sama daging. Bukan anak THT. Terakhir dapet kuliah daging mungkin semester 4 atau 5 s1. Sekarang juga lagi ngambil sih.. Semoga walaupun dibantai nilainya A. tapii di akhir seminar saya nangis. air mata ini ga kontrol emang. Gegara pas udah beres, salah satu dosen panitia seminar nya bilang “udah kayak kompre aja ya”. Ga tau kenapa ngerasa sakit hati digituin #okeinilebays tapi sekarang udah biasa aja kok.

setelah seminar udah ngerjain apa aja? setelah seminar disuruh pre-lab aka pra penelitian sama dosbing, sambil nungguin surat izin penelitian jadi. sampe spaneng pas mau ngambil sampel. karena harus malem ngambilnya, jadi otomatis harus nyari temen cowok dan juga cewek buat nemenin ke rph. Alhamdulillah ada temen yang mau nemenin. Otewe dari kosan jam setengah 12an naik gocar. Alhamdulillah lagi masih ada gocar jam segitu. Sampe sana pemotongan udah mau mulai. dan bisa dibilang itu pengalaman pertama saya liat pemotongan di rph. saya ngambil dua ekor untuk pre-lab. ternyata udah capek banget. itu sampe setengah 2-an. kalo ga salah sampe kosan jam 2an.

paginya kuliah aku ngantuk banget, mana cuma berdua dan dosennya ngeh kalo aku ngantuk. duh malu. wkwk. terus langsung ngerjain dagingnya untuk pra penelitian. Alhamdulillah hasilnya berhasil. lalu udah ngurus perizinan ke dinas perizinan, Alhamdulillah dikasih izin sampe 2 Feb 2018, padahal mintanya cuma sampe Desember wkwk. terus udah menemui kepala rphnya, katanya penelitian saya langitan sih. dan malah disuruh ganti. pfft. tapi intinya kepala rph nya ngizinin (yaeyalah udah ada surat izinnya -_-). terus Kamis kemarin (9/11) disuruh kesana lagi, diajak ngobrol bertiga ama salah satu kir master di rph (yang ngurusin pemotongan). tapi ujungnya pak kepala rph nya ada tamu, saya dianggurin. Paginya sebelum ke rph, saya ketemu dulu sama laboran lab daging terus disuruh mulai penelitiannya setelah visitasi akreditas ASIIN (Fapet UGM mau ada akreditasi internasional). Setelah dianggurin, ngobrol bentar terus ditinggal rapat di dinas dan saya disuruh nunggu kir masternya itu. kemudian hujan deras. terus pak kir master dan ngobrol ngobrol.

tapi belum ketemu dosbing lagi. masih galau antara wa aja atau ketemu langsung. tapi dosbing lagi sibuk ngurusin kontes sih… jadi yaa… pffft…

ceritanya sementara sampe sini…

terimakasih udah membaca… 😀

Wassalamu’alaikum

 

 

Leave a comment